Senin, 07 Juni 2010

wakil indonesia di champions asia




Setelah tim nasional Indonesia gagal melangkah ke putaran final Piala Asia sehingga menimbulkan kekecewaan masyarakat dan berujung pada desakan revolusi PSSI, sepakbola Indonesia masih berpeluang unjuk gigi di kawasan Asia. Aktor untuk membawa kembali reputasi sepakbola Indonesia adalah Persipura Jayapura, Sriwijaya FC dan Persiwa Wamena. Meskipun bukan level tim nasional, ketiga klub ini setidaknya bisa menunjukkan bahwa sepakbola Indonesia belum habis.

Persipura akan mewakili Indonesia di Liga Champions Asia (AFC Champions League), Sriwijaya FC harus bertarung dulu menghadapi wakil Singapura, Singapore Armed Forces, dan menunggu pemenang antara wakil Vietnam dan Thailand untuk memperebutkan satu tiket ke LCA, sedangkan Persiwa akan bertarung di Piala AFC. Beban yang dipikul ketiga klub ini memang berat, sejak kompetisi ini bernama AFC Champions League digulirkan, belum pernah ada klub dari Indonesia yang mampu lolos dari putaran pertama. Namun inilah saatnya klub Indonesia menebus dosa tim nasional terhadap masyarakat pencinta sepakbola Indonesia.

Peluang Klub Indonesia

Asian Football Confederation (AFC) memberikan sebuah penghargaan istimewa terhadap klub-klub di Indonesia. Kompetisi Indonesia dianggap selapis dibawah kompetisi Liga Jepang, Korea, China dan negara kuat Asia lainnya, sehingga bisa mengirimkan tiga wakilnya di kompetisi antar klub Asia. Di kawasan Asia Tenggara, kompetisi sepakbola Indonesia masih dianggap yang terbaik, ini dibuktikan dengan hanya Indonesia yang langsung mengirimkan wakilnya ke putaran pertama Liga Champions ditambah satu wakil di babak play off.

Meski demikian, belum pernah ada wakil dari Indonesia yang mampu lolos ke putaran kedua. Bahkan seringkali klub Indonesia menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya. Disaat sepakbola Indonesia berada titik nadirnya, klub diharapkan bisa membuktikan bahwa kualitas kompetisi memang sesuai dengan ekspetasi AFC. Selain itu, penampilan bagus klub Indonesia bisa mengobati kekecewaan terhadap prestasi sepakbola Indonesia.

Peluang memang berat, Persipura yang langsung lolos ke putaran pertama harus berada satu grup dengan wakil Jepang Kashima Antlers (juara liga Jepang), wakil Korea Jeonbuk Hyundai (juara liga Korea), dan wakil China Changchun Watai (runners up liga super China). Sedangkan Sriwijaya FC harus bersaing dengan wakil dari negara Asia Tenggara (SAFFC Singapura, Da Nang Vietnam, Muangthong Thailand) terlebih dahulu sebelum lolos ke putaran pertama LCA. Kalaupun berhasil lolos, Sriwijaya FC harus berada satu grup dengan Henan (China), Gamba Osaka (Jepang) dan Suwon (Korea).

informasi lebih lengkap kunjungi sahabat kami di http://suporter.info/jadwal-liga-champions-asia-2010-dan-afc-cup-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar